Wednesday, December 8, 2010

Virus


Ciri Virus 
Virus berukuran sangat renik, dengan bentukbulat,batang, polihidris atau seperti huruf T. Virus adalah sebuah partikel bukan sel atau aseluler. Virus ini hanya menunjukan kehidupannya kjika berada di organisme yang lain. Struktur dasar dari virus tersbut adalah materi genetik berupa RNA atau DNA dan selubung protein atau kapsid.
Contoh virus yang berbentuk bulat adalah Virus Influenza dan juga virus penyebab AIDS.

Struktur dan Fungsi
Virus bukanlah suatu sel (aseluler). Virus tersebut berupa partikel yang disebut dengan Virion. Ada pendapat yang mengatakan bahwa virus merupakan mahluk hidup, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa virus bukanlah suatu mahluk hidup. Alasannya adalah, virus dapat mnunjukan ciri kehidupan dengan carabereproduksi, mseskipun hanya dapat dilakukan di dalam sel organisme lain. Sel organisme tempat hidup virus disebut dengan sel inang. Virus tidak mempunyai memiliki bagian bagian sel seperti membran plasmam sitoplasma dan inti. Virus tersusun dari Asam nukleatdan selubung protein.

Asam Nukleat

     Asam nukleat adalah pembawa informasi genetika. Asam nukleat pada virus berupa satu jenis asam nukelat yaitu DNA saja atau RNA saja. Materi genetik tersebtu dapat berbentuk rantai. Dan biasanya rantai tersebut berbentuk melingkar atau linier.

Selubung Protein

     Selubung Protein atau kapsid adalah pembungkus asam nukleat. Kapsid ini tersidri dari sebunit protein yang disebut dengan Kapsomer. Kapsid inilah yang memberikan bntuk pada virus. Pada virus kompleks memiliki bagian kepada dan ekor. Kepala virus berbentuk polihedral, virus kompleks memiliki struktur tambahan yaitu selubung ekor dan lempengan dasar dan serabut ekor. Lempengan da serabut ekor itu berfungsi untuk melekat pada sel yang diinfeksi. Gabungan antara asam nukleat dengan kapsid disebut dengan nukelokapsid. Pada beberapa jenis virus, nukleokapsid diselubungi oleh membran yang dsiebut dengan sampul virus. Sedangkan virus yang tidak mempunyai sampul disebut dengan virus telanjang.

Reproduksi

Reproduksi virus hanya terjadi pada saat ia berada di suatu organisme yang lain. Bisa dikatakan bahwa virus merupakan suatu jenis mahluk parasit. Reproduksi virus dilakukan dengan 5 tahap yaitu pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintetis, pematangan dan pelepasan.


Reproduksi Bakteriofage
  
   Reproduksi ini terjadi melalui 2 siklus, yaitusiklus litik dan lisogenik. Pada siklus litik prosses pelekatan, penetrasu replikasi dan sintesis berlangsung sangat cepat. Partikel virus tersebut memcahkan sel tersebut sehingga sel inang mati (lisis). Sedangkan pada lisogenik, DNA/RNA virus akan disisipkan pada kromoson sel inang. Jadi kesimpulannya siklus lisogenik, infeksi virus memasuki masa laten artinya sel inang tidak pecah (mati).

Reproduksi Virus Hewan

   Salah satu jenis virus hewan adalah virus yang memiliki sampul virus. Pada tahap pelekatan, sampulvirus melekan dan berfusi atau bergabung dengan membran sel inang. Sedangkan pada tahap penetrasi, DNA virus dan kapsid terpisah. Pada tahap replikasi dan sintetsis terjadi replikasi DNA Virus kapsi d dan sampul virus.Dan pada saat proses pematangan terjadilah partikel partikel virus yang baru. Pada tahap pelepasan, virus baru keluar dari sel inang dan siap menginfeksi sel lainya.

Klasifikasi

Nama famili virus diakhiri dengan viridae, sedangkan nama genus diakhiri dengan virus. Biasanya nama virus berbahasa Inggris dan diakhiri dengan virus. Contohnya:
    Famili : Retroviridae
    Genus : Lentivirus
    Spesies : Human immunodeficiency virus (HIV)

Virus Bakteri 

  Virus adalah bakteri yang sel inanggnya adalah sel bakteri. Virus bakterik tersebut juga disebut dengan bakteriofage atau fage (LATIN: memakan).

Virus Mikoorganisme Eukariot

  Virus mikroorganisme eukariot adalah virus sel yang sel inangnya berupa mikroorganisme yang tergolong eukariot seperti protozoa dan jamur.

Virus Tumbuhan 

  Virus tumbuhan adalah virus yang sel inangnya adalahsel tumbuhan. Virus tumbuhan sebagian besar mengandung RNA. Contohnya adalah virus mosaik tembakau.

Virus Hewan

  Virus hewan adalah virus yang sel inangnya adalah sel hewan atau sel manusia. Virus hewan mengandung DNA atau RNA. Contohnya penyakit pada mulut dan kaki pada sapi serta virus penyakt rabies pada anjing.

Virus Menguntungkan

  Didalam kehidupan manusia virus dapat digunakan ntuk bidang rekayasa genetika. Virus juga bisa digunakan untuk mengendalikan tingkat pertumbuhan serangga. Virus juga bisa kita gunakan ntuk terapi gen manusia sehingga diharapkan penyakti genetis, sperti diabetes dan kanker dapat disembuhkan.

Virus Merugikan

- Influenza virus, virus ini menyerang sel sel saluran pernapasan bagian atas. Gejalanya adalah pilek, pusing,pegal dan batuk.
- Human Immunodefiency virus (HIV) , virus ini menyerang sel sel darah putih jenis limfosit. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh.
- Hepatitis Virus , virus ini menyebabkan hepatitis B. Virus ini menyerang sel sel hati.
- Ebola Virus, Virus ini menyerang sel sel pertahanan tbuh. Gejalananya adalah deman yang dsertai dengan pendarahan.

Beberapa Vaksin Pencegah Virus

  • OPV  ( Oral Polio Vaccine ) atau vaksin polio.
  • Vaksin Rabies
  • Vaksin hepatitis B
  • Vaksin influenza
  • Vaksin cacar
  • Vaksin MMR (Measlesm Mumps, Rubella) untuk cacar gondong dan  campak.



Click this to back

Please support us with leave a comment and follow us if it is worth :) Thanks ! @blogthebloggy2010

No comments:

Post a Comment

Thanks for commenting :)

Post a Comment