Wednesday, December 8, 2010

Klasifikasi Makhluk Hidup

Introduction
Sistem klasifikasi : sistem yang memudahkan kita mempelajari dan mengenal makhluk hidup.
·   Taksonomi : cabang ilmu biologi yang mengkaji pengelompokan makhluk hidup.

Proses Klasifikasi
  • Klasifikasi alami : cara pengelompokan berdasarkan ciri morfologi, anatomi,       dan fisiologi.
  • Klasifikasi filogeni : pengelompokan yang memperhatikan sejarah evolusi   suatu makhluk hidup.
  • Klasifikasi buatan : pengelompokan berdasarkan persamaan cirri morfologi yang mudah dilihat.


Kegiatan pengelompokan makhluk hidup menghasilkan kelompok kelompok takson (jamak=taksa). Kelompok makhluk hidup yang anggotanya memiliki sedikit persamaan berada pada jenjang takson yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang anggotanya memiliki banyak persamaan. Kelompok kecil makhluk hidup dengan kesamaan ciri tertentu membentuk kelompok makhluk hidup yang lebih besar.

Gambar jenjang takson makhluk hidup :
Sistem Tata Nama Makhluk Hidup
Pada tahun 1735, Carolus Linneaus menciptakan sistem tata anam untuk memudahkan komunikasi antar-ilmuwan bioogi mengenai jenis makhluk hidup. Bahasa yang digunakan adalah bahasa latin. Sistem tata anama terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian pertama sebagai nama genus dan bagian kedua sebagai penunjuk spesies. Sistem yang terdiri dari 2 bagian ini disebut tata nama ganda atau binomial nomenclature (Latin, bi=dua, nomen=nama).
Contoh penggunaan sistem tata  nama ganda : pisang dengan nama ilmiah Musa paradisiaca L. Nama genus pisang adalah Musa, sedangkan penunjuk spesies nya paradisiaca. Dan L adalah singkatan dari Linneaus pengidentifikasi pisang pertama kali. Ilmuwan dimanapun akan menggunakan istilah Musa Paradisiaca jika berkomunikasi tentang pisang.
Cara penulisannya memiliki aturan tertentu, yaitu :
  •      Nama genus dimulai dengan huruf besar
  •      Nama penunjuk spesies dimulai dengan huruf kecil
  •      Kedua bagian nama tersebut digarisbawahi jika ditulis tangan
  •      Jika diketik, kedua nama tersebut dicetak miring
  •     Nama penemu ditulis dalam singkatan atau ditulis lengkap di belakang nama penunjuk spesies
  •     Nama penemu ditulis dengan awal huruf besar dan tidak digarisbawahi atau tidak dicetak miring


Apakah manfaat mempelajari klasifikasi ??
1.  Memberi manfaat bagi yang ingin mengetahui keanekaragaman hayati.
2.  Mengenal berbagai spesies makhluk hidup meliputi ciri-ciri makhluk  hidup, hubungan kekerabatan diantara makhluk hidup, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
3. Untuk menentukan habitat.
4. Pengenalan terhadap berbagai spesies makhluk hidup.
Beberapa alternative sistem klasifikasi
Kriteria sederhana pengelompokan makhluk hidup adalah berdasarkan manfaat, tempat hidup, ukuran, dan alat gerak.  Bisa juga berdasarkan kriteria ilmiah yang dilakukan oleh para ilmuwan biologi.
Beberapa sistem klasifikasi yang sudah dikembangkan para ilmuwan biologi diuraikan berikut ini :

v  Sistem Dua Kingdom
Sistem Dua Kingdom adalah sistem klasifikasi yang pertama. Dalam sistem ini makhluk hidup dikelompokkan dalam dua kelompok besar yaitu kelompok tumbuhan (kingdom Plantae) dan kelompok hewan (kingdom Animalia). Makhluk didup dalam kingdom Plantae memiliki ciri mampu membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintesis (autotrof). Sedangkan makhluk hidup dalam kingdom Animalia memperoleh makanan yang sudah berupa bahan organik dari lingkungannya (heterotrof).

v  Sistem Tiga Kingdom
Muncul setelah adanya mikroskop. Penggunaan mikroskop mengungkap adanya makhluk hidup renik bersel satu dan bersel banyak yang memiliki ciri tumbuhan dan hewan. Makhluk hidup tersebut dikelompokan sendiri dalam kingdom Protista. Jadi, sistem tiga kingdom terdiri dari : (1) Protista, (2) Plantae, (3) Animalia.
v  
SiSistem Empat Kingdom
Muncul setelah adanya mikroskop elektron. Mikroskop ini dapat mengungkap struktur ultra mikroskopik sel makhluk hidup, misalnya ada tidaknya membran inti. Makhluk hidup yang tidak punya membran inti disebut prokariot dan yang punya disebut eukariot. Makhluk hidup prokariot dikelompokkan dalam kingdom Monera. Jadi, sistem empat kingdom terdiri dari : (1) Monera, (2) Protista, (3) Plantae, (4) Animalia.

v  Sistem Lima Kingdom
Dikembangkan oleh R.H. Whittaker pada tahun 1969. Pada sistem ini jamur dipisahkan dari kingdom Plantae berdasarkan ciri struktur sel dan cara membuat makanannya. Jadi, sistem lima kingdom terdiri dari : (1) Fungi, (2) Monera, (3) Protista, (4) Plantae, (5) Animalia.

v  Sistem Enam Kingdom
Pada tahun 1970-an Carl Woese dan peneliti lain menemukan bahwa Archaebacteria berbeda dengan Eubacteria. Dan pada tahun 1996, para biologiwan sepakat untuk memisahkan Eubacteria dan Archaebacteria. Jadi, sistem enam kingdom teridiri dari : (1) Eubacteria, (2) Archaebacteria, (3) Protista, (4) Fungi, (5) Plantae, (6) Animalia. 
Identifikasi atau Determinasi
Identifikasi (determinasi) cirri-ciri khas hewat atau tumbuhan adalah menentukan nama hewan atau tumbuhan dengan benar dan menempatkannya di dalam sistem klasifikasi hewan dan tmbuhan.
Jika kita memiliki suatu jenis tumbuhan atau hewan yang akan diidentifikasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari tumbuhan atau hewan itu sebaik-baiknya. Langkah berikutnya adalah mencoba membandingkan atau menyamakan ciri-ciri tumbuhan atau hewan, misalnya dengan menggunakan salah satu cara : (1) Ingatan, (2) Bantuan orang lain, (3) Spesimen acuan, (4) Pustaka, (5) Komputer.

Kunci Identifikasi
Identifikasi menggunakan bantuan kunci identifikasi harus dilakukan secara bertahap, sebab setiap kunci identifikasi emliki batas kemampuan yang berbeda. Format pada kunci identifikasi biasanya dikotom atau disebut kunci dikotom. Kunci dikotom merupakan kunci identifikasi dengan menelusuri jalur yang ditetapkan oleh keputusan beraturan dengan setiap pilihanya adalah biner. Kunci dikotom terdiri dari sederetan bait atau kuplet yang diberi nomor dan setiap bait terdri dari dua baris yang disebut penuntun.



Please support us with leave a comment and follow us if it is worth :) Thanks ! @blogthebloggy2010

No comments:

Post a Comment

Thanks for commenting :)