Wednesday, December 8, 2010

Keanekaragaman Hayati

Tingkat keanekaragaman hayati yaitu :

-          Keanekaragaman Gen : gen adalah bagian tertentu pada kromosom yang mengatur sifat tertentu suatu jenis makhluk hidup. Jadi keanekaragaman gen adalah variasi susunan gen dalam suatu spesies. Keanekaragaman gen dalam suatu spesies makhluk hidup yang menimbulkan variasi disebut varietas. Misalnya, pada spesies kucing terdapat banyak jenis dari bulu halus sampai tidak.

-          Keanekaragaman Spesies :  adalah perbedaan – perbedaan pada berbagai spesies makhluk hidup di suatu tempat disebut sebagai keanekaragaman spesies. 

-          Keanekaragaman Ekosistem : adalah interaksi antara lingkungan abiotik tertentu dengan sekumpulan jenis-jenis makhluk hidup menunjukan adanya keanekaragaman ekosistem.
Keanekaragaman Hayati di Indonesia : menurut UU no. 5 tahun 1994 adalah keanekaragaman di antara makhluk hidup dari semua sumber termasuk di antaranya lautan dan ekosistem akuatikl lain serta kompleks ekologi yang merupakan bagian dari keanekaragamannya
Penyebaran flora di Indonesia : menurut Dr. Sampurno kadarsan, ahli botani Indonesia, flora Indonesia termasuk dalam kawasan Malesiana. Kawasan ini terdiri dari Indonesia, Filipina, semenanjung Malaya, dan papua nugini.
Contoh penyebaran flora di Indonesia yaitu :

  • -          Daerah hutan hujan tropis
  • -          Daerah hutan musim
  • -          Daerah sabana
  • -          Padang rumput (stepa)
Penyebaran fauna di Indonesia berkaitan dengan letak Indonesia, yaitu di antara kawasan oriental (benua asia) di sebelah barat dan kawasan Australia di sebelah timur. 


Batas penyebaran fauna di Indonesia di bagi menjadi dua dengan menggunakan garis Wallace dan garis weber dari situ dibagi lagi menjadi fauna tipe asiatis , fauna tipe peralihan, fauna tipe australis.

Manfaat Dari Keanekaragaman Hayati 
  •  Keanekaragaman hayati sebagai sumber pangan
  •   Keanekaragaman hayati sebagai sumber sandang dan papan
  •  Keanekaragaman hayati sebagai sumber obat dan kosmetik
  • Keanekaragaman hayati sebagai sumber budaya: banyak upacara di Indonesia dengan masing masing suku, agama kepercayaaan dan adat . dalam upacara ini banyak digunakan keanekaragaman hayati contohnya umat islam menggunakan sapid an kambing dewasa pada setiap hari raya Qurban

Berkurangnya keanekaragaman hayati menunjukan ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia dan kapasitas alam. Penyebab hilangnya keanekaragaman hayati dijelaskan sebagai berikut


  1. -          Fragmentasi dan hilangnya habitat
  2. -          Introduksi spesies
  3. -          Eksploitasi berlebihan pada spesies hewan dan tumbuhan
  4. -          Pencemaran tanah, air, dan udara
  5. -          Perubahan iklim global
  6. -          Industrialisasi kehutanan dan pertanian
Konservasi keanekaragaman hayati : saat ini kawasan konservasi yang ada di Indonesia terkelompok menjadi 180 cagar alam, 72 suaka margasatwa, hutan raya, serta 13 taman burung, 17 taman nasional, 3taman hutan raya dll dalam rangka kerja sama konservasi internasional , 6 kawasan suaka alam dijadikan cagar biosfer. Cagar biosfer adalah kawasan yang terdiri dari ekosistem asli, unik dan atau ekosistem yang telah mengalami degradasi, yang dilindungi dan dilestarikan untuk kepentingan penelitian. Pelestarian di Indonesia dilakukan secara in situ dan ex situ.


Click to go back

Please support us with leave a comment and follow us if it is worth :) Thanks ! @blogthebloggy2010

No comments:

Post a Comment

Thanks for commenting :)